Unit Simpan Pinjam Syariah (USPS)

Unit jasa keuangan syariah adalah bagian utama dari Pusat Koperasi Syariah Alkamil  Sebagai salah satu pilar  syiar  ekonomi , Unit  jasa keuangan syariah  merupakan aktivitas  simpanan dan pinjaman yang  kami lakukan untuk melayani para anggota dan masyarakat luas. Unit jasa keuangan syariah bertujuan untuk menggerakkan aktivitas ekonomi masyarakat dengan pola transaksi yang sesuai syariah Islam.

Sampai saat ini unit jasa keuangan syariah memiliki cabang 44  kantor layanan di seluruh Indonesia yang tersebar di Propinsi jawa timur, jawa tengah, jawa barat dan Kalimantan Selatan. Unit  jasa keuangan syariah  ini juga telah memiliki kerjasama permodalan dengan BNI syariah  sebesar Rp.120.000.000.000,- ( seratus dua puluh milyar rupiah )  yang dimulai sejak tahun 2013 hingga tahun 2020.

Unit jasa Keuangan syariah memiliki crew sejumlah 350 orang dengan rata rata strata sarjana dan lulusan SMK. Dalam system operasionalnya Unit simpan pinjam syariah juga menitik beratkan pada akad jual beli yang dominan sebagai salah satu proses pembelajaran. Setiap dinamika kebutuhan masyarakat  berupaya untuk dipenuhi dalam transaksi unit simpan pinjam syariah. Dalam proses exspansinya unit simpan pinjam  syariah juga menjadi agen  dari produk – produk Bank Bank Syariah.  Strategi ini ditempuh dikarenakan meningkatnya kebutuhah  anggota atas layanan unit simpan pinjam syariah.

Pada prakteknya Jasa Keuangan Syariah yang diterapkan menggunakan 4 akad berikut:

  1. Akad Murabahah (Jual-beli Barang)
  2. Akad Ijarah (Sewa Manfat)
  3. Akad Mudharabah (Bagi Hasil)
  4. Akad Peminjaman

Contoh barang atau jasa yang dapat dimanfaatkan dalam transaksi di atas berupa: Motor,mobil,Rumah,ruko,tanah,kontakan,warung,gedung,HP,TV,Kulkas,Komputer,Kipas,AC,Umroh,haji,dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mendukung Multibahasa